Objek Wisata Wisata Alam

Coban Tundo Malang, Air Terjun Alami 3 Tingkat yang Menakjubkan

Ditulis oleh Vicky Erista F

Coban tundo atau populer dengan sebutan coban tundo telu, memiliki arti nama air terjun 3 tingkat. Berada di Dusun Sidoasri, Desa Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Wisata coban ini mulai dibuka untuk umum sejak September 2015. Air terjun yang beroperasi pukul 07.00 – 17.00 WIB memiliki daya tarik tersendiri, yaitu dalam satu lokasi meyuguhkan 3 air terjun yang hanya dipisahkan oleh ketinggian bukit saja.

Jarak yang ditempuh dari Malang ke lokasi coban sekitar 134 km dengan mengendarai motor ataupun mobil, namun tidak disarankan menggunakan mobil sebab mobil tidak mampu melewati jalan sempit diantara perbukitan yang terjal dan diapit oleh jurang yang dalam. Maka, mobil akan dititipkan di rumah warga dan perjalanan akan dilanjut dengan berjalan kaki yang cukup jauh, atau menggunakan ojek dengan biaya Rp. 30.000 – Rp. 50.000 Begitu pula dengan pengendara motor tidak disarankan untuk menggunakan motor matic. Meski medan yang ditempuh untuk sampai di area parkir coban cukup ekstrim, namun kalian akan disuguhi pemandangan bebukitan hijau dan pantai selatan yang menakjubkan.

Perjalanan yang ditempuh dari area parkir motor ke coban sekitar 5 – 10 menit, tiket masuk pun hanya seharga Rp. 5.000 per orang. Masing-masing air terjun menyuguhkan pemandangan dan nuansa yang berbeda. Tak hanya itu beberapa aktivitas seru bisa kalian lakukan seperti, berenang dan berendam di Coban Tundo Siji, sebab kedalaman hanya 2 meter saja. Coban setinggi 5 meter ini memiliki pemandangan pepohonan rimbun yang membuat suasana teduh dan sejuk.



Sumber foto: dolandolen.com

Kalian bisa mencoba aktivitas yang menantang di Coban Tundo Loro. Coban setinggi 12 meter ini memiliki pemandangan bebatuan setinggi 5 meter dan ranting-ranting pepohonan besar yang bisa digunakan untuk melakukan cliff jumping. Coban ini memang dikhususkan untuk yang bisa berenang sebab kedalaman sekitar 7-15 meter. Jarak yang ditempuh untuk menikmati pemandangan paling indah di Coban Tundo sekitar 10 menit dari Coban Tundo Siji dengan medan naik turun bukit.



Sumber foto: dolandolen.com

Diperlukan waktu sekitar 10-15 menit untuk menuju coban tingkat teratas setinggi 15 meter itu. Tidak disarankan untuk melakukan aktivitas air seperti berenang disini, sebab tak ada pengawasan dan kolam alami yang cukup dalam. Coban ini memang memiliki pemandangan yang lebih natural, sebab masih tak banyak yang mengunjungi.



Sumber foto: dolandolen.com
Fasilitas umum yang terdapat di coban ini selain lahan parkir ialah penjual makanan, minuman, dan penyewaan ban untuk di Coban Tundo Siji dan Loro.

Tentang Penulis

Vicky Erista F

Tinggalkan komentar